Cara Menjadi Agen Pulsa, Mudah dan Modal Kecil

Saat ini, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan kamu bisa bekerja dari rumah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Salah satunya yaitu menjadi seorang “agen pulsa”. 

Agen pulsa adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan isi ulang pulsa, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. 

Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, agen pulsa juga menyediakan berbagai transaksi lain seperti pembayaran tagihan listrik, tagihan telkom, tagihan PDAM, tagihan TV langganan, dan transaksi penagihan lainnya (tergantung layanan dari distributor agen pulsa itu sendiri).

Agen pulsa memiliki cara kerja yang sederhana dan potensi keuntungan dari berjualan pulsa juga lumayan baik, karena akan banyak masyarakat yang membutuhkan pulsa untuk keperluan telepon, mengisi paket internet, dan kebutuhan lainnya. 

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang agen pulsa, ada beberapa langkah yang perlu kamu ketahui sebelumnya.

1. Pelajari Prospek, Produk, dan Mekanisme Keuntungan

Sebelum menjalankan sebuah bisnis (usaha), tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk ketika menjalankan bisnis agen pulsa. Ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu prospek bisnis dimasa yang akan datang, produk yang ditawarkan, dan mekanisme perolehan keuntungan. 

Prospek

Seperti yang kita lihat, ponsel atau handphone bukan lagi barang mewah, hampir semua orang memiliki ponsel, mulai dari anak-anak, remaja, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan berbagai kalangan masyarakat lain menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Misalnya saja untuk berkomunikasi dan memperoleh berbagai informasi di internet.

Untuk itu, tentu mereka membutuhkan pulsa dan kuota internet kan? dan kebutuhan pulsa di kalangan masyarakat pun tentunya semakin meningkat. 

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa bisnis agen pulsa memiliki prospek yang bagus dan cukup menjanjikan di masa yang akan datang. 

Produk

Produk yang dijual oleh seorang agen pulsa adalah pulsa elektrik dari berbagai operator, seperti Telkomsel ( Simpati, As, Loop), Indosat (Mentari, IM3, AXIS), XL, TRI, dan Smartfren. 

Selain itu, kamu juga bisa menjual paket khusus, seperti SMS, Telepon, dan Internet. Atau menyediakan layanan tambahan seperti token listrik prabayar tagihan telkom, tagihan PDAM, tagihan TV langganan, hingga voucher game online

Mekanisme Keuntungan

Keuntungan utama yang didapatkan seorang agen pulsa diperoleh dari selisih transaksi pulsa yang dilakukan. 

Berikut contoh keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  • Keuntungan per transaksi = Rp 2000
  • Jumlah transaksi penjualan per hari = 20 transaksi
  • Keuntungan perhari = Rp 40.000 (Rp 2000 x 20 transaksi)
  • Keuntungan per bulan: = Rp1.200.000 (Rp 40.000 x 30 hari)

Wah cukup menggiurkan ya, terlebih jika posisi kios agen pulsa kamu strategis atau berada di keramaian, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Daftar Ke Distributor yang Tepat

Setelah mendapatkan gambaran mengenai bisnis agen pulsa, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mendaftar pada salah satu distributor agen pulsa yang tepat. Pilihlah agen pulsa yang terpercaya, memiliki reputasi yang baik, dan memberikan peluang keuntungan bagi kamu. 

Bagaimana cara mengetahui distributor yang bagus atau tidak? Perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan distributor yang kamu pilih mencantumkan harga yang up to date

Hal ini ini bertujuan untuk memastikan besarnya keuntungan yang akan kamu dapatkan. Banyak yang mencantumkan harga promosi agar terlihat sangat murah, tetapi ketika sudah mendaftar, ternyata harga yang ditawarkan jauh lebih mahal. 

  • Pilih distributor yang menyediakan produk pulsa yang lengkap, karena semakin lengkap produknya semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 
  • Pilih distributor yang menyediakan layanan customer service yang jelas.  
  • Akan lebih baik jika ada distributor yang memiliki layanan web report yang bisa memudahkan akan memantau berbagai transaksi.

3. Lakukan Deposit

Setelah mendaftar pada salah satu distributor, biasanya kamu akan mendapatkan nomor pin untuk melakukan deposit dan berbagai aktivitas transaksi pembelian pulsa lainnya. 

Deposit dijadikan sebagai modal penjualan pulsa kamu, besarnya deposit tergantung ketetapan dan aturan dari masing-masing distributor, biasanya dimulai dari harga Rp 50.000. 

Proses deposit dapat dilakukan dengan dua cara:

  • Datang langsung ke kantor distributor untuk melakukan deposit secara tunai. 
  • Dan deposit transfer ke rekening distributor. 

4.Transaksi

Setelah deposit berhasil masuk, agen pulsa bisa melakukan semua transaksi produk dan layanan yang tersedia.

Proses transaksi pulsa elektrik dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan sistem SMS. Transaksi dapat dilakukan selama 24 jam setiap harinya, termasuk hari libur. 

Untuk melakukan proses transaksi, kamu akan mendapatkan format-format SMS khusus, seperti:

  • Format pengecekan harga.
  • Format pengecekan saldo. 
  • Format deposit transfer. 
  • Format mendapatkan dl. 

Namun jika kamu merasa kesulitan mengingat format diatas, kamu bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan agen pulsa. Disana kamu bisa melakukan transaksi dengan  mudah dan meraih penghasilan yang menarik.

5. Lakukan Pemasaran Dengan Cara yang Tepat

Untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dan meningkatkan jumlah penjualan, kamu juga perlu melakukan pemasaran dengan cara yang tepat. Ada 5 cara pemasaran  bisa kamu lakukan:

  1. Membuka kios atau counter pulsa. 
  2. Menawarkan atau menjual pulsa kepada orang terdekat (keluarga, teman, maupun tetangga). 
  3. Memprioritaskan penjualan nominal kecil untuk mendapatkan jumlah keuntungan yang lebih besar. 
  4. Memberikan harga yang kompetitif. 
  5. Melakukan digital marketing, misalnya dengan membuat aplikasi atau website untuk mempermudah konsumen. 

Salah satu contoh agen pulsa yang telah sukses melalui website dan aplikasi yaitu Rajapay. Rajapay adalah aplikasi isi pulsa dan PPOB yang memberikan kemudahan dalam transaksi pengisian pulsa, paket data, token PLN, dan pembayaran tagihan PPOB yg sangat mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. 

Cara mendaftar di aplikasinya pun juga sangat mudah, tinggal download aplikasinya di Google Play Store , kemudian lakukan pendaftaran, top up deposit via transfer bank, Virtual Account, Gerai Retail atau Qris. Terakhir, lakukan transaksi dan dapatkan penghasilan yang menarik di aplikasi Rajapay.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara untuk menjadi agen pulsa, jika kamu kesulitan untuk menemukan distributor yang tepat, tinggal  install aplikasi rajapay di smartphone kamu. 

Semoga bermanfaat. 

About the author

Whello Indonesia

Whello Indonesia merupakan agensi digital marketing asal Amsterdam yang kini memiliki 2 kantor di Indonesia, tepatnya di Bali dan Pekanbaru. Whello Indonesia memiliki berbagai service, termasuk Jasa SEO, Jasa Pembuatan Website, Google Ads, Instagram and Facebook Ads, dan lain-lain semuanya menggunakan in-house specialist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *