Apa itu PPOB: Penjelasan Lengkap dan Cara Kerjanya

Mengingat banyaknya tagihan yang perlu dibayar seseorang setiap bulannya, namun tidak sedikit orang yang sering membayar denda karena lupa membayar tagihan atau malas pergi ke tempat pembayaran, baik itu tagihan listrik, internet, telepon, air, dan tagihan lainnya.

Untuk mengatasinya, muncul sebuah peluang bisnis online untuk melakukan pembayaran semua jenis tagihan dalam satu tempat saja, yaitu Payment Point Online Bank atau biasa kita kenal dengan istilah PPOB.

Bisnis ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelakunya, namun juga sangat membantu banyak orang untuk melakukan berbagai tagihan secara online dan mudah.

Apa Itu PPOB?

PPOB adalah layanan yang bekerjasama dengan pihak bank untuk menyelenggarakan pembayaran tagihan masyarakat secara mudah dan cepat.

Ada banyak jenis pembayaran tagihan yang dilayani oleh PPOB:

  • Pulsa untuk ponsel.
  • Paket internet.
  • Tagihan listrik pasca bayar.
  • Pembelian token listrik prabayar.
  • Tagihan kartu kredit.
  • Tagihan PDAM.
  • Iuran rutin BPJS kesehatan.
  • Dan masih banyak yang lain.

Dengan PPOB, masyarakat bisa membayar berbagai tagihan mereka di satu tempat saja. Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi kamu seorang mahasiswa.

Modal untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu melakukan deposit terlebih dahulu untuk mendapatkan saldo. Saldo tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran pelanggan, dan kamu akan menerima uang tunai dari pelanggan.

Keuntungan Bisnis PPOB

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui bisnis PPOB:

A. Target Pasar yang Luas

Setiap lapisan masyarakat mulai dari ibu rumah tangga, karyawan kantor, pelajar atau mahasiswa banyak yang harus membayar tagihan. Misalnya saja, hampir semua orang harus membayar “tagihan listrik” setiap bulannya.

Dan masih banyak jenis tagihan lain yang tak kalah penting. Ada pembayaran PDAM, kredit kendaraan bermotor, internet, pulsa, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, bisnis PPOB menjadi salah satu bisnis yang mampu menjangkau target pasar yang luas dengan mudah.

B. Sistem yang Mudah Dilakukan

PPOB memiliki sistem yang cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Hanya dengan mendownload dan menginstall aplikasi pembayaran PPOB, kamu sudah bisa membayar berbagai tagihan pelanggan.

Kemudian pelanggan akan memberikan uang secara tunai berdasarkan jumlah tagihan mereka.

Salah satu contohnya, kamu bisa download aplikasi Rajapay yang memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan PPOB dengan sangat mudah dari mana saja dan kapan saja.

C. Komisi Menguntungkan

Komisi bisnis PPOB didapatkan dari setiap transaksi yang dilakukan. Komisi yang didapatkan biasanya berkisar antara 1% hingga 5% dari nominal transaksi.

Meskipun keuntungan terlihat tidak begitu besar, tetapi bisnis ini cukup menjanjikan jika kamu mendapatkan banyak pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Cara Melakukan Bisnis PPOB

Bisnis PPOB bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk kamu. Cara melakukannya pun juga cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Persiapkan Peralatan dan Modal Awal

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk melakukan bisnis PPOB yaitu mempersiapkan beberapa peralatan dan sejumlah uang sebagai modal awal. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

  • Seperangkat komputer/laptop dan printer untuk mencetak bukti pembayaran. Dan untuk opsional lain, bisnis ini juga bisa dilakukan melalui smartphone (handphone) saja.
  • Koneksi internet yang baik.
  • Sejumlah uang untuk mengisi saldo (minimal:100.000).

2. Temukan Vendor yang Tepat

Saat ini, sudah banyak vendor penyedia layanan PPOB. Carilah informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan beberapa vendor sebelum menggunakan vendor tertentu.

Pilih vendor yang memberikan keuntungan untuk bisnis kamu dan tidak membebani konsumen. Serta vendor yang servernya selalu stabil, jangan sampai kamu menolak permintaan pelanggan untuk melakukan pembayaran karena sistem down.

3. Lakukan Promosi

Meskipun bisnis ini memiliki peluang yang besar, tetapi kamu juga perlu melakukan promosi (pemasaran) dengan baik. Tujuannya agar bisnis kamu dikenal oleh banyak orang.

Salah satu cara promosi yang mudah dilakukan yaitu menggunakan strategi social media marketing, dimana pemasaran ini dilakukan melalui berbagai jenis media sosial, misalnya Instagram, Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya.

4. Bijak Mengambil Keuntungan

Keuntungan untuk bisnis PPOB berkisar 1% hingga 5%. Jangan sampai kamu mengambil keuntungan yang terlalu besar. Karena konsumen bisa saja membandingkan harga dengan bisnis PPOB lain.

Tentu mereka akan memilih harga yang lebih rendah kan? Maka dari itu, kamu juga bisa melakukan survey harga sebelum menetapkan harga.

5. Lokasi Bisnis

Sebenarnya bisnis PPOB termasuk bisnis online. Namun tidak ada salahnya jika kamu menyediakan tempat untuk mendukung operasional.

Kamu tidak perlu menyewa ruko khusus, bisa memanfaatkan rumah bagian depan. Lihat contohnya pada gambar dibawah ini.

contoh bisnis PPOB di rumah

Source: Chip Sakti Pulsa

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai bisnis PPOB, bisa dikatakan bisnis ini merupakan bisnis modal kecil untung besar. Jika kamu tertarik menjalankannya, Rajapay merupakan salah satu vendor yang bisa kamu gunakan.

Apa Itu Rajapay?

PT. Rajapay Teknologi Indonesia (Rajapay) adalah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembelian Pulsa, Paket data, Token PLN dan pembayaran tagihan PPOB seperti tagihan PLN pascabayar, PDAM, BPJS, Multifinance, PGN, Tagihan pascabayar, Telkom, TV langganan.

Hingga saat ini, aplikasi ini sudah di download lebih dari 1000 orang, 500 lebih orang juga active menggunakannya, serta mendapatkan lebih dari 100 positive rating.

Apa Kelebihan Rajapay?

Berikut beberapa kelebihan Rajapay yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

  • Pendaftaran mudah dan gratis.
  • Transaksi cepat dan anti ribet.
  • Tersedia fitur cetak struk via print mini bluetooth dan cetak pdf.
  • Terdapat fitur affiliasi untuk menambah penghasilan dengan mengajak teman kamu bergabung dengan Rajapay.
  • Metode top up lengkap seperti transfer bank, virtual account, Alfamart dan Qris.
  • Bisa kirim saldo ke sesama user Rajapay.
  • Setting harga jual ke pelanggan kamu dengan mudah.
  • Tersedia fitur kasir untuk memonitor keuntungan anda setiap saat.

Bagaimana Cara Daftar Aplikasi Rajapay?

Untuk mendaftar di aplikasi Rajapay sangat mudah, tinggal ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download aplikasi Rajapay.
  • Lakukan pendaftaran (registrasi).
  • Masukkan (top up deposit) via transfer bank, Virtual Account, Gerai Retail atau Qris.
  • Saatnya transaksi dan mulai bisnis dengan aplikasi Rajapay.

Gampang kan? Tunggu apa lagi? Cobain bisnis PPOB sekarang yuk! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *